Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Online Perkembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK)

Salam hangat kepada para pendidik di rumah, di sekolah Pendidikan anak usia dini(PAUD) ataupun di Taman Kanak-kanak (TK). Pada Postingan kali ini kami akan mangulas tentang tugas yang cocok untuk anak dalam masa perkembangannya.



Tugas Online PAUD dan TK

Tugas perkembangan ialah tugas yang timbul dalam sesuatu periode tertentu dalam kehidupan anak. Tugas tersebut wajib dipahami serta diajarkan oleh orang tua, karena tugas pertumbuhan ini hendak sangat pengaruhi pencapaian pertumbuhan pada masa pertumbuhan selanjutnya. Bagi Havighurst, bila seseorang orang kandas menuntaskan tugas perkembangan pada satu fase tertentu.

Pada tiap masa pertumbuhan, terdapat bermacam tugas pertumbuhan yang wajib dipahami, ada pula tugas pertumbuhan masa anak-anak sebagaikan berikut:

1. Tumbuh jadi individu yang mandiri. 

Anak belajar untuk tumbuh menjadi individu yang bertanggung jawab serta bisa memenuhi seluruh kebutuhannya sendiri. Tentunya kebutuhan untuk dirinya sendiri.

2. Belajar memberikan, berbagi serta mendapatkan kasih sayang. 

Pada masa perkembangan ini anak belajar untuk bisa hidup dalam area yang lebih luas yang tidak terbatas pada area keluarga saja, dalam masa ini anak belajar untuk bisa berbagi serta belajar mendapatkan kasih sayang dari sesama di dalam lingkungannya.

3. Belajar berteman dengan anak lain. 

Anak belajar meningkatkan kemampuannya buat bisa berteman serta berhubungan dengan anak lain dalam area di luar area keluarga.

4. Meningkatkan pengendalian diri. 

Pada masa ini anak belajar bertingkah laku yang cocok dengan tuntutan lingkungannya. Anak belajar sanggup mengatur dirinya dalam berhubungan dengan orang lain. Pada masa ini anak butuh menyadari kalau apa yang dikerjakannya akan memunculkan konsekuensi yang wajib dihadapinya.

5. Belajar kedudukan orang di dalam warga. 

Anak belajar kalau dalam kehidupan bermasyarakat terdapat bermacam tipe pekerjaan yang bisa dicoba yang bisa menciptakan suatu yang bisa memenuhi kebutuhannya serta bisa menciptakan jasa untuk orang lain. Contoh, seseorang dokter menyembuhkan orang sakit, guru mengajar anak di kelas, pak polisi mengatur lalu lintas, serta lain sebagainya.

6. Belajar mengenai anggota tubuh. 

Pada masa ini anak butuh mengenali bermacam anggota badannya, apa gunanya serta bagaimana penggunaannya. Contoh, mulut buat makan serta berdialog, kuping buat mendengar, mata buat memandang serta sebagainya.

7. Belajar mengenal benda di sekitar. 

Pada masa ini diharapkan anak sanggup memahami benda-benda yang terdapat di area sekitar, serta bisa memakainya secara tepat. Contoh, anak belajar memahami identitas barang bersumber pada dimensi, wujud, serta rupanya. Tidak hanya dari itu, anak bisa menyamakan satu barang dengan barang lain bersumber pada identitas yang dipunyai barang tersebut.

8. Belajar memahami perkata baru. 

Anak belajar memahami bermacam perkata baru baik yang berkaitan dengan benda- benda yang terdapat di sekitarnya, ataupun berhubungan dengan lingkungannya. Contoh, anak bisa mengatakan nama suatu barang, ataupun mengajak anak lain buat bermain, serta sebagainya.

9. Meningkatkan perasaan positif dalam berhubungan dengan lingkungan sekitar. 

Pada masa ini anak belajar meningkatkan perasaan kasih sayang terhadap apa-apa yang terdapat dalam lingkungan sekitar, seperti kepada sahabat sebaya, kerabat, fauna kesayangan ataupun pada benda yang dimilikinya.

Pada masa pendidikan anak usia dini( PAUD) ataupun masa kanak-kanak diharap dapat melakukan yang sudah disebutkan diatas. Jadikan sebagai pendidik wajib dan dapat membiasakan tugas- tugas dalam periode pertumbuhan anak ini, agar menjadikan proses pendidikan anak dapat berjalan efisien serta efektif.


Posting Komentar untuk "Tugas Online Perkembangan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK)"