Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas Rumah Adat Indonesia Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasanya

Tugas Rumah Adat Indonesia Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasanya - Indonesia memiliki berbagai seni serta budaya, salah satunya merupakan kekayaan berbagai tipe serta macam rumah adat dari bermacam suku di seluruh propinsi di Indonesia, karakteristik khas wujud yang berbeda- beda dipengaruhi oleh kultur budaya semenjak nenek moyang mereka yang diwariskan secara turun temurun sampai saat ini 

Rumah Adat Indonesia Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasanya

Berikut contoh beberapa rumah adat di indonesia :

1. Rumah Adat Joglo

Rumah Adat Joglo

Bila sempat berkunjung ke Pulau Jawa ataupun apalagi tinggal di Pulau Jawa, tentu wujud rumah adat Joglo tidak asing di mata kamu. Jawa ialah suku bangsa terbanyak di Indonesia serta kebanyakan populasinya terletak di Jawa Tengah, Yogyakarta, serta Jawa Timur. Bangunan- bangunan pemerintah juga termotivasi dari rumah adat Joglo


2. Rumah Adat Gadang

Rumah Adat Gadang

Rumah yang sering pula diucap dengan sebutan Rumah Bagonjong ini ialah rumah terdapat suku Minangkabau. Keunikan rumah adat Minang ini merupakan desain atap yang melengkung serta berujung runcing menyamai tanduk kerbau. Sangat gampang menemukan rumah adat Gadang di provinsi Sumatera Barat sebab beberapa besar populasi suku Minangkabau terletak di provinsi ini. 


3. Rumah Adat Limas

Rumah Adat Limas

Berpusat di Sumatera Selatan, rumah adat ini berupa limas dengan bangunan bertingkat- tingkat. Di mana tiap- tiap tingkatan mempunyai filosofi budaya tertentu. Tingkatan di rumah ini mempunyai 5 ruangan yang jadi simbol dari 5 jenjang kehidupan warga ialah umur, tipe, bakat, pangkat, serta martabat. 


4 Rumah Adat Hanoi

Rumah Adat Hanoi

Wujud rumah adat ini sangat unik, ialah berupa semacam kerucut serta dibentuk dari material alam berbentuk jerami. Rumah adat Honai dibedakan jadi 3 jenis ialah rumah buat laki- laki( Honai), perempuan( Ebei), serta kandang hewan ataupun babi( wamai).Rumah adat honai untuk warga Papua bukan saja jadi tempat tinggal semata, melainkan pula bagaikan tempat pengajaran kehidupan buat mendidik para laki- laki ataupun perempuan. 


5. Rumah Adat Tongkonan

Rumah Adat Tongkonan

Rumah adat Tongkonan merupakan rumah adat adat warga Toraja. Tongkonan berasal dari kata Tongkon yang maksudnya duduk bersama- sama. Dengan model atap melengkung menyamai perahu, terdiri atas lapisan bambu( tetapi dikala ini sebagian tongkonan meggunakan atap dari seng).Di bagian depan ada deretan tanduk kerbau. Banyaknya tanduk kerbau menampilkan status sosial sang owner rumah adat ini. Di dindingnya juga ada relik hewan serta tanaman yang sangat eksotik. 


6. Rumah Adat Mandar

Rumah Adat Mandar

Rumah adat Mandar ialah rumah adat khas Mamuju, Sulawesi Barat. Rumah adat ini berstruktur panggung yang disusun dengan tiang- tiang dari kayu balok berdimensi setinggi 2 m. Bilik rumah adat pula ini memakai material papan yang pada biasanya ialah papan ukir cocok motif khas dari Suku Mandar


7. Rumah Kebaya

Rumah Kebaya

Rumah Kebaya merupakan rumah adat khas suku Betawi. Bangunan Rumah Betawi unik ini adalah rumah adat Kebaya karena berbentuk seperti pelana yang dilipat serta apabila dilihat dari samping hingga lipatan- lipatan tersebut nampak menyamai lipatan kebaya. Rumah adat Kebaya ini sangat banyak ditemukan di provinsi DKI Jakarta. 


8. Rumah Adat Omo Sebua

Rumah Adat Omo Sebua

Omo Sebua merupakan tipe rumah adat dari Pulau Nias, Sumatera Utara. Omo sebua merupakan rumah adat yang spesial dibentuk buat kepala adat desa dengan tiang- tiang besar dari kayu besi serta atap yang besar. Omo sebua didesain secara spesial buat melindungi penghuninya dari serbuan dikala terbentuknya perang suku pada era dulu. Akses masuk ke dalamnya cumalah tangga kecil yang dilengkapi pintu jebakan. Wujud atap rumah adat ini sangat curam yang bisa menggapai besar 16 m. Tidak hanya digunakan buat berlindung dari serbuan musuh, Omo sebua juga dikenal tahan terhadap goncangan gempa bumi. 

Sekian artikel Tugas Rumah Adat Indonesia Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasanya, semoga dapat membantu siswa untuk mengerjakan tugas dari sekolahan. Jika ada yang ditanyakan mengenai rumah adat dan jika memutuhkan daftar lengkap seluruh daerah di Indonesia silahkan tinggalkan komentar.

Posting Komentar untuk "Tugas Rumah Adat Indonesia Lengkap Dengan Gambar dan Penjelasanya"